Monday, March 30, 2009

Bayi Sulit Tidur, Anda Penyebabnya?

Jika anda pada masa kehamilan sering dilanda stress ataupun depresi, waspadalah. Karena hal itu diduga menjadi salah satu penyebab dari kerewelan dan kesulitan tidur pada bayi pada bulan-bulan awal kehidupannya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Rochester, New York, Amerika Serikat menyimpulkan, bahwa pada ibu-ibu hamil yang mengalami stress atau depresi akan menyebabkan gangguan pada perkembangan janin khususnya bagian otak bayi. Hal ini terjadi, karena tubuh mengeluarkan semacam hormon jika seseorang mengalami tekanan atau stress. Nah hormon inilah yang diduga menjadi penyebab terganggunya perkembangan otak janin tersebut.

Menurut ilmu kesehatan, kualitas tidur bayi pada masa-masa awal kehidupannya sangat penting. Hal ini akan menjadi indikator bagi perkembangan kesehatan dan bahkan prilakunya pada masa kanak-kanak, demikian dikatakan oleh DR. Thomas O’Connor, anggota peneliti.

Memang penelitian ini masih relatif baru, sehingga perlu pengujian lebih lanjut menyangkut kebenaran dan keabsahannya. Namun demikian, penelitian ini tetap dirasa masuk akal. Karena hubungan ibu dan bayinya begitu erat secara fisik maupun mental sejak masa kehamilan.

Beranjak dari hal ini, maka sangat tepat, jika para ibu yang sedang mengandung tidak sekedar menjaga pola makan dan asupan gizinya. Namun juga harus mampu mengelola emosi dan belajar lebih banyak melakukan relaksasi.

Menarik nafas panjang dan mengeluarkannya perlahan-lahan melalui mulut beberapa kali, dipercaya cukup untuk mengurangi tekanan emosi hati yang bergejolak.